Tuesday, May 2, 2017

Alternatif Lain Bagi yg Cuma Bisa Masuk Fasboot Mode

Kronologi :
R4P gagal pindah dari rom china developer ke rom china stable. Ane lupa apa tepatnya tulisan starus di miflash, kalo tidak salah "Not enough space dst", padahal katanya jika tulisannya "Not enough space dst" itu jika laptopnya yg 32bit, nahh punya saya 64 bit jd masalah bukan pada laptopnya yg tidak cocok. Setelah gagal, R4P ane hidupkan tp malah mentok di logo mi tanpa ada tulisan android, ditunggu yg lamaaaaaa juga tetep seperti itu. Pencet tombol power dan sebagainya tidak berhasil mati, tetep restart dan stuck di logo mi. Putus asa, jari sudah pengel banget, akhirnya sisi yg ada tombol power dan volume saya gencet saja ke lantai yg lama. Alhamdulillan layar berhasil mati. Tetapi tidak bisa masuk download mode karena jika dipencet bareng power dan vol (+) maka akan restart dan stuck di logo mi. Tetapi bisa masuk ke fastboot mode.

Catatan : Ane bukan ahlinya, jd tidak bisa menjawab pertanyaan2 yg akan muncul. Harap maklum jika ane tidak respon atau bilang tidak tahu. Di sini ane sekedar berbagi pengalaman. Siapa tau ada yg kondisi R4P-nya seperti saya. Laptop saya 64 bit, menggunakan win7. R4P ane sudah ubl.
Proses saya ulang dari awal sama sekali, semua saya unistal, miflash, mipcsuite saya uninstal.

1. Siapkan recovery rom-nya. http://en.miui.com/download-320.htm... Ekstrak sampai terdapat di dalamnya ada folder images dan fil .bat. Kalo mentok tidak bisa diektrak lagi padahal belum menghasilkan folder images dan file2 lainnya, kasih .tgz ujungnya dan ekstrak lagi. Kalo sudah berhasil, pindah saja folder yg berisi folder images dan file2 kecil td ke depan drive, jangan biarkan ditaro terlalu dalam, ntar dia susah nyarinya, kasian ntar dia lelah. Oh iya, aslinya kan kalo kita download, hasil ekstraknya nama fodernya panjaaaaang seperti ini markw_images_V8.0.6.0.MBECNDG_20161113.0000.00_6.0_cn_4c6f177e17, jadi persingkat saja nama folder romnya menjadi seperti ini misalnya markwV8.0.6.0 supaya gampang liatnya sewaktu di miflash, di dalamnya ada folder images beserta file2 kecil dengan extesi .bat .sh .txt, nahh di dalam folder images itu filenya banyaaaaakk entah apa saja, biarkan saja begitu jangan diutak-atik.
2. Kalo belum pernah instal miflash, silahkan ambil dulu filenya di sini http://xiaomiflashtool.com/ sesuaikan dengan laptopnya yaa. Karena punya saya yg 64bit maka saya ambil yang khusus buat 64bit, saya ambil yg versi 2016.04.01. Silahkan instal di laptop masing2. Ada yg bilang harus disable dulu signature-nya untuk selain win7, punya saya kalo ada kotak dialog muncul saya tinggal klik instal anyway. Ada tutor lengkapnya di sini http://en.miui.com/thread-272376-1-...
3. Silahkan undul Mi PC Suite china, ini yg paling penting, karena kemaren sewaktu softbrick dan cuma bisa mode fastboot R4P saya tidak terdeteksi jika pakai misuite versi bahasa Inggris padahal ketika hp lain [Redmi2] dicoba mode fastboot bisa terdeteksi. Jadi kuncinya di mi PC suite. Silahkan unduh di sini http://zhushou.xiaomi.com/ setelah selesai unduh, silahkan instal tp jangan matikan koneksi internet, karena install memerlukan koneksi internet, dia akan unduh lagi sekitar 40MB, tunggu saja sampai selesai.
4. Setelah langkah 1,2,3 beres dan siap semua. Silahkan buka buka MiFlash-nya. Sudah tahu kan caranya? Buka drive C:Program Files > Xiaomi > MiPhone > MiFlash.exe. Bisa tinggal klik atau run as administrator, pokoknya jalanin dahh. Kalo sudah bisa dibuka, masukkan folder images ke kolom di atas, caranya klik kotak browse di sampingnya itu, tinggal cari tadi naro foder rom-nya yg beiri folser image dimana. Misalnya jadinya D:\markwv8.0.6.0\images
5. Ambil R4P yg softbirick tadi, masuk ke fastboot mode dengan mencet bareng tombol power dan tombol volume (-).
6. Sambukan R4P ke laptop dengan kabel usb, pastikan portnya berfungsi dengan baik, tidak goyang2 atau rentan putus koneksi, siapa tau rentan kesenggol dikit putus.
7. Lihat di MiFlash, klik kotak Refresh. Kalau di kolom device R4P terdeteksi, selamat! sudah setengah jalan menuju hidup kembali.
8. Cek lagi yaa.. folder images sudah terdeteksi di kolom antara kotak browse dan refresh? R4P sudah terdeteksi di kolom Device? Jika sudah, sekarang klik Flash all di tulisan paling bawah. Pilihan yg lainnya nampaknya juga tidak ngaruh, data dan storage tetep akan bersih, jd pilih flash all saja biar lebih aman. Relakan saja data yg bakal hilang.
9. Sekarang klik kotak yg bertuliskan Flash. Kalo agan mudah bosan, bawa ngopi atau makan pisang goreng, prosesnya tergantung. Bisa sebentar atau lama. 5 menitan lebih sepertinya, gak ngitung sih.
10. Tunggu sampai di kolom status bertuliskan The Operation completed succesfully dst, R4P akan reboot dan ada logo Mi, tunggu saja sampai ada tulisan andoid di bagian bawah layar R4P, sabaaaaaar.... Bawa santai ja sambil denger lagu, paling 2-3 lagu kelar dah. Tungguin dia selesai booting dan startup menu muncul.
11. Jika StarUp menu sudah muncul, cabut saja koneksi usb. Silahkan utak atik menu starUp-nya seperti kita baru unboxing R4P baru datang diantar oleh kurir. Biar lebih gampang, jangan lupa pilih bahasa Inggris, kecuali agan bisa aksara china yaaa monggo saja.

thanks to : @Cristian Dy yg ngasih info
sumber :

Share:

0 comments:

Post a Comment